Selasa, 20 Januari 2009

INVESTASI


Apa investasi yang kamu punya sekarang, bila belum, aku punya tipsnya nih, ga ada ruginya loh kita berivestasi dan banyak maanfaatnya di masa mendatang.
Nah, kalau kita ingin melakukan investasi, sebaiknya harus disesuaikan dengan umur kita,

umur yang masih tepat untuk memulai investasi adalah antara umur 20-30an

Untuk umur 20an masih berfokus pada pengelolaan penghasilan.

kalau untukku, umur 20an itu, target untuk bisa memperoleh dan menikmati hasil keringat sendiri, bisa membiayai kuliah sendiri, sebisa mungkin terlepas dari ketergantungan orangtua dalam membiayai hidupku, dan menikah...hahaha.

Untuk umur 20an, banyak sekali godaan2 yang harus dihadapi dengan tabah
misalnya : pemakaian kartu kredit, belanja-belanja, hang out di cofeeshop / cafe , dan kegiatan konsumtif lainya , apalagi cewek pasti susah buat menahan nafsu-nafsu konsumtif..
Aku sendiri juga ada kartu kredit, tapi tujuan awal aku membuat kartu kredit yaitu buat bikin PAYPAL...itung2 cari duit juga...jadi buat kalian yang punya credit card, mending buat bikin PAYPAL aja.....terus cari affiliate sebanyak-banyaknya...tentunya sesuai minat dan kemampuan kita.

Simulasi
Misal penghasilan kita perbulan Rp. 2.500.000. Setiap bulan kita menabung 20% dari penghasilan. Maka dalam satu tahun tabungan kita ,Rp.2.500.000 x 20% x 12 bulan = Rp 6.000.000 (6juta)
maka aset dalam setahun ini bisa dibagi :
Tabungan (20%) : Rp. 1.200.000
Reksa dana (50%) : Rp. 3.000.000
Reksa dana pendapatan tetap : Rp. 1.800.000

1. Tabungan dan Deposito 20% untuk simpanan di kala darurat
2. Reksa dana pndaptan ttap 30% utk kbutuhan jangka menengah
3. Reksa dana saham 50% utk tujuan finansial jangka panjang

Kemarin aku dibelikan sebuah celengan kecil dan sederhana oleh seorang teman, setelah itu aku mendapatkan ide, bagaimana kalau setiap hari aku memasukkan Rp10.000 ke dalam celangan, maka dalam satu bulan akan terkumpul Rp.300.000, itu hal kecil yang bisa membuat kita lebih save.dan dalam 1 tahun uang itu bisa aku masukan dalam simulasi diatas.Atau untuk tambahan modal aku buka usaha kecil.
Untuk usaha2 kecil, aku nanti akan posting dan berikan simulasi2 untuk membuka usaha dengan modal kecil, Tunggu postinganya Ya!

umur 30an berfokus pada masa depan, pribadi, keluarga, anak-anak dan kesehatan.Namun untuk simulasinya aku belum bisa menghitung, sebab banyak hal yang belum aku ketahui tentang finansial 30an, dan apa tunjangan2 yang biasanya mereka dapat.

mungkin aku akan posting setelah mendapat lebih banyak info.